Manfaat Tempuyung (Jombang) Sebagai Tanaman Obat Yang Jarang Diketahui...

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Manfaat Tempuyung (Jombang) Sebagai Tanaman Obat Yang Jarang Diketahui...

Tempuyung merupakan terna tahunan dengan tinggi kira-kira 0.6 sampai 2 meter. Batangnya mengandung getah berwarna putih, berongga dan bersusuk. Memiliki akar tunggang yang kuat. Tumbuhan ini memiliki dua varian, yang berdaun kecil disebut Lempung, sedangkan yhang besar disebut Rayana. Tingginya bisa mencapai 2 meter.
Daun tempuyung merupakan daun tunggal, bagian bawah tumbuh berkumpul pada pangkal membentuk roset akar. Lembaran daunnya membentuk lonjong dengan ujung yang runcing, pangkal daunnya berbentuk bentuk jantung, bagian tepi berbagi menyirip tidak teratur. Panjang antara 6 – 48 cm, lebar 3 – 12 cm, dan warnanya hijau muda. Daun yang tumbuh di bagian atas (tangkai bunga) bentuknya lebih kecil dari daun yang berkerumun di bawah. Letaknya berjauhan dan tumbuh berselang-seling.
Bunga tempuyung berbentuk bonggol yang tergabung dalam malai, bertangkai. Mahkota bunga berbentuk seperti jarum, warnanya kuning cerah. Namun lama kelamaan akan berubah menjadi merah kecokelatan seiring dengan proses penuaan. Buahnya berbentuk kotak, berusuk lima, bentuknya memanjang sekitar 4 mm, agak pipih, berambut halus, dan berwarna cokelat kekuningan.
Jika Ada membaca artikel-artikel saya sebelumnya tentang tanaman herbal, pasti tahu bahwa ada banyak sekali ramuan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satunya tempuyung atau jombang alias gempur batu. Caranya, daun tempuyung segar sebanyak 5 lembar dicuci bersih, kukus sebentar hingga layu. Daun tersebut dijadikan sebagai lalapan, dimakan bersama nasi. Rasanya agak pahit, namun tetap enak.
4. Obat kencing batu (batu ginjal)
Kencing batu adalah istilah awam untuk penyakit batu ginjal. Meski beberapa paramedis menyataka perbedaan, yang meliputi perbedaan tempat terbentuknya batu. Namun pengobatannya bisa dilakukan dengan cara yang sama. Rebuslah 250 gram daun tempuyung kering dengan 250cc air hingga tersisa 150cc. Setelah dingin, airnya disaring dan dibagi tiga. Minum air rebusan tersebut tiga kali sehari secara teratur.
Selain ramuan di atas masih ada ramuan laing untuk meluruhkan batu ginjal. Sediakan daun tempuyung, daun alpukat, daun sawi tanah dan 2 jari gula aren. Semua bahan direbus dengan 3gelas air hingga tersisa 3/4 gelas. Setelah dingin airnya disaring dan diminum 3 kali sehari.
Cara ketiga, yaitu menggunakan 5 lembar daun tempuyung, 5 lembar daun keji beling segar, 6 buah jagung muda, dan 3 jari gula enau. Semua bahan dicuci bersih, potong-potong kasar, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 3/4 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum 3kali sehari.
5. Kurang pendengaran
Beberapa penyebab kemampuan pendengaran teliga berkurang diantaranya infeksi, terlalu lama bekerja di tempat bising, dan karena adanya trauma. Masalah tersebut bisa diobati dengan menggunakan tetesan air herba tempuyung segar. Caranya, ambil herba tempuyung segar, kemudian dicuci bersih dan dremas-remas dalam air matang hingga getahnya keluar. Gunakan air remasan tersebut untuk tetes telinga.
6. Luka bakar
Jika Anda mengalami luka bakar ringan seperti tersulut puntung rokok atau terkena arang sate, segera obati dengan ramuan daun tempuyung yang dihaluskan. Tempelkan pada bagian tubuh yang sakit atau luka.
7. Mengobati memar
Luka memar akibat terpukul, terbentur benda tumpul, jatuh, dsb bisa diatasi degan herba tempuyung. Caranya,a mbil herba tempuyung kemudian dicuci bersih. Tumbuk hingga halus, peras airnya. Airnya digunakan untuk mengompres bagian tubuh yang memar dan ampasnya bisa digunakan unuk membalut luka memar tersebut jika berada pada bagian tubuh yang memungkinkan.
8. Mengobati asam urat
Asam urat atau rematik gout biasanya diderita oleh para orang tua. Tapi bukan mustahil jika di usia produktif banyak orang yang sudah mengalami penyakit ini. Terutama karena menjalankan pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Rebus 15-60 gram herba termpuyung segar (termasuk batang dan daun) dengan 3 geas air hingga tersisa 3/4 gelas. Minum air ebusan tersebut secara rutin 3 kali sehari.
9. Batu empedu
Sebenarnya cara meluruhkan batu empedu sama saja dengan batu binjal. Namun kita ganti takarannya menjadi 500 gram daun tempuyung kering. Seduh dengan segelas air untuk dijadikan teh herbal. Minum secara rutin 2 kali sehari saja, biar khasiatnya terasa. Jangan cuma minum sekali terus mengeluh tidak ada khasiatnya.
10. Wasir, Usus buntu, Disentri
Manfaat tempuyung yang lainya adalah sebagai pengobat wasir, disentri dan radang usus buntu. Caranya, ambil 15-60 gram lalu direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Air rebusan tersebut diminum dua kali sehari setiap pagi dan sore. Lakukan secara rutin agar khasiatnya cepat terasa.

Semoga bermanfaat dan tolong di bagikan ke yang lainnya ya...

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Manfaat Tempuyung (Jombang) Sebagai Tanaman Obat Yang Jarang Diketahui..."

Posting Komentar