Ternyata Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh Memang Luar Biasa... Berikut Penjelasannya...

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Ternyata Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh Memang Luar Biasa... Berikut Penjelasannya...


Kacang hijau atau yang biasa disebut dengan vigna radiate adalah sejenis tanaman polong-polongan yang memiliki banyak sekali kandungan gizi. Selain sangat nikmat jika diolah menjadi bubur atau es, kacang hijau juga memiliki nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan Anda.

Beberapa vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin C, asam folat, karbohidrat, serat, protein, asam lemak omega 3 dan juga omega 6. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh.

Khasiat kacang hijau untuk kesehatan

Menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat yang pertama adalah dapat digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung serat yang cukup tinggi antara 9% per 100 gram RDA. Selain dapat menjaga kesehatan pencernaan, serat juga dapat mambantu melindungi selaput lendir yang ada di usus besar, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah serta mencegah kanker usus.
Menjaga berat badan
Yang kedua adalah bermanfaat untuk menjaga berat badan ataupun menurunkan berat badan. Kacang hijau mengandung kalori yang sangat rendah sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang sedang bediet. Dalam 100 gram kacang hijau mentah hanya mengandung 31 kalori. Selain itu, kacang hijau juga dapat dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit diabetes.
Menjaga kesehatan mata
Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A pada kacang hijau tentu saja dapat mencukupi kebutuhan vitamin A harian Anda. Thanya itu saja, kacang hijau juga mengandung karatenoid dan zeaxanthin. Kedua xat tersebut  dapat diserap ke dalam makula lutea retina di mata, di mana kedua zat tersebut berfungsi untuk penyaringan sinar UV. Sehingga mengonsumsi kacang hijau secara rutin dapat melindungi kesehatan mata dan mencegah penyakit makula di usia tua.
Mencegah penuaan dini
Selain untuk kesehatan, kacang hijau juga memiliki efek yang sangat baik untuk menjaga kecantikan. Vitamin A tak hanya berguna untuk menjaga kesehatan mata, namun vitamin yang satu ini juga berguna untuk mencegah penuaan dini. Vitamin A juga kaya akan antioksidan yang mampu mengatasi hal ini serta dapat mencegah tubuh terserang dari segala macam penyakit.
Menjaga kesehatan jantung
Berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Jantung merupakan organ tubuh paling vital yang harus dijaga kesehatannya. Mengonsumsi kacang hijau secara teratur juga dapat menyehatkan organ tubuh yang satu ini. Karena kacang hijau mengandung mineral essensial yang berguna untuk mengontrol detak jantung dan darah.
Menjaga kesehatan tulang
Kandungan kalsium dalam kacang hijau juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sehingga jika kalsium selalu terpenuhi tentu saja hal ini dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit tulang, seperti osteoporosis.

Semoga bermanfaat... Amin
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Ternyata Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh Memang Luar Biasa... Berikut Penjelasannya..."

Posting Komentar