Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui...

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui..

Manfaat daun katuk memang sangat efektif untuk meningkatkan produksi ASI, maka jangan heran jika banyak orang yang memanfaatkan tumbuhan ini sebagai bahan alami untuk melancarkan ASI. Namun tahukah Anda bahwa manfaat dari daun katuk ini tak hanya digunakan untuk meningkatkan produksi ASI? Sebenarnya masih banyak manfaat yang belum kita ketahui. Lantas apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut ini.
Siapa yang tidak kenal dengan daun katuk? Hampir semua orang mengetahui daun kaya manfaat ini. Perlu diketahui jika daun ini juga sudah banyak dikonsumsi secara luas di berbagai negara. Tanaman yang memiliki nama latin sauropus androgynus ini juga merupakan salah satu tanaman yang banyak terdapat di Asia Tenggara.
Ketika memilih daun ini pastikan Anda memilih daun katuk yang segar dan memiliki batang pendek.
Setelah itu Anda bisa menjemurnya lalu simpan di wadah kedap udara untuk penggunaan di hari yang akan datang. Sedangkan jika Anda rutin mengonsumsinya, tak ada salahnya menyimpan daun katuk di dalam lemari es yang gelap dan lembab. Anda juga bisa menempatkan daun katuk secara bebas seperti yang dilakukan untuk menyimpan sayuran lainnya seperti kangkung dan bayam. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

Inilah Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Tubuh

Mencegah Kanker
Manfaat yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Seperti yang kita ketahui selama ini daun katuk hanya dimanfaatkan para ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI  dan pendorong laktasi. Namun tahukah Anda jika daun ini juga kaya nutrisi yang sangat ampuh untuk mencegah dan melawan kanker, salah satunya yaitu kanker payudara.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Drh. Fitriya Nur Annisa Dewi, PhD daun katuk kaya akan kandungan kaempferol. Kaempferol sendiri adalah flavonoid alami yang memiliki kemiripan struktur dengan esterogen. Berdasarkan penelitian sebelumnya, zat ini diketahui dapat bersatu dengen reseptor esterogen serta mendorong efek agonis maupun antagonis dari esterogen.
Kaya Kalsium
Selain kaya kaempferol, daun katuk juga kaya kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Sehingga mengonsumsi daun katuk secara teratur dapat menghindarkan Anda dari serangan penyakit osteoporosis. Selain daun katuk, Anda juga bisa menemukan sumber kalsium terbaik dari sayuran hijau lainnya seperti kangkung dan bayam.
Menyehatkan Mata
Tak hanya wortel saja yang memiliki peranan untuk menyehatkan mata, daun katuk juga memiliki manfaat yang sama. Sebab daun katuk juga kaya vitamin A serta betakaroten yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan menghindarkan kita dari penyakit mata seperti katarak, rabun dan lainnya.
Melancarkan ASI
Manfaat daun katuk selanjutnya adalah sangat efektif untuk melancarkan ASI. Sudah menjadi rahasia umum jika daun ini sering dikonsumsi  ibu menyusui untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas ASI yang lebih baik. Ini karena daun katuk kaya akan vitamin seperti, vitamin A,  vitamin B1 dan vitamin C, serta mineral yaitu zat besi, forsor dan kaslim dan masih banyak lagi senyawa aktif lainnya yang terkandung pada daun katuk ini.
Kaya Zat Besi
Hampir semua sayuran hijau mengandung zat besi tinggi yang baik untuk kesehatan. selain bayam, daun katuk juga memiliki warna hijau gelap karena kandungan klorofilnya yang tinggi. Kandungan zat besi pada daun ini tentu saja dapat menghindarkan kita dari penyakit anemia. Bagi ibu hamil asupan ini sangat penting sekali untuk dipenuhi agar kesehatan calon ibu dan janin dapat terjaga.
Obat Alami Influenza
Manfaat berikutnya adalah sebagai obat alami influenza. Daun katuk mengandung efedrin yang sangat baik untuk penderita influenza. Sehingga jika Anda terserang influenza, tak ada salahnya untuk memanfaatkan daun katuk sebagai obat alami. Selain itu, daun katuk juga mengandung senyawa fitokimia seperti tanin, alkaloid papaverin dan saponin yang dapat digunakan sebagai obat alami mengatasi penyakit.
Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Selain karena faktor keturunan, ada beberapa  hal yang menyebabkan tekanan darah tinggi seperti berat badan berlebih hingga jumlah kadar kalsium yang rendah di dalam tubuh. Jika hal ini terjadi tentu saja sangat berbahaya jika tak segera diatasi. Selain mengonsumsi obat-obatan resep dokter, tak ada salahnya jika Anda mengobatinya dengan daun katuk.

Semoga artikel ini bisa diambil manfaatnya...
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui..."

Posting Komentar